1.000 Duafa Terima Bantuan Uang Tunai melalui UMRI dan Baznas

Gubernur Riau, Syamsuar menyebut, membantu kaum duafa merupakan tugas bersama. Terlebih di bulan ramadhan dimana umat Islam didorong melakukan kebaikan dan saling berbagi dengan sesama. Salah satu tujuannya adalah kaum duafa.

Apr 8, 2023 - 21:23
 0
1.000 Duafa Terima Bantuan Uang Tunai melalui UMRI dan Baznas
Gubernur Riau, Syamsuar didamping Rektor UMRI menyerahkan bantuan kepada perwakilan duafa, Sabtu (8/4/2023)

RIAUCERDAS.COM - Badan Amil Zakat (Baznas) Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) salurkan bantuan kepada 1.000 duafa, Sabtu (8/4/2023). Masing-masing yang hadir mendapatkan uang tunai sebesar Rp500 ribu.


Sebelumnya, acara yang diadakan di lapangan parkir kampus UMRI itu dibuka dengan doa dan tausyiah singkat dari Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr Tafsir. Kemudian, para duafa yang hadir juga menerima takjil dan makanan berbuka puasa bersama.


Dalam acara itu, turut hadir Gubernur Riau, Syamsuar. Syamsuar menilai, apa yang dilakukan oleh UMRI ini patut diapresiasi. Apalagi, jumlah kaum duafa di Pekanbaru sekitarnya masih tergolong banyak. 


Membantu kaum duafa, kata Syamsuar, merupakan tugas bersama. Terlebih di bulan ramadhan dimana umat Islam didorong melakukan kebaikan dan saling berbagi dengan sesama. Salah satu tujuannya adalah kaum duafa.


Ia berharap, kalangan lainnya turut beramal dan membantu kaum duafa. Terutama, kalangan yang punya rejeki lebih di bulan ramadhan ini. Diakui Syamsuar, saat ini memang sudah banyak pihak melakukan kegiatan serupa. Dia mendoakan, semua yang turut membantu duafa memperoleh amal ibadah yang baik.


Sementara itu, Rektor UMRI, Dr Saidul Amin, MA menjelaskan, untuk program ini, total dana yang disalurkan sekitar Rp1,3 miliar. Bantuan itu di antaranya berasal dari Baznas Riau sebesar Rp500 juta.


Kemudian, ada juga dari seorang pengusaha Riau bernama Lawanis yang menyalurkan bantuan sebanyak Rp100 juta. Ada juga dari Bank Riau Kepri Syariah dan pihak-pihak lainnya sebagai donatur.


Dijelaskan Rektor, bantuan berupa uang tunai ini diharap membantu para duafa memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih, kondisi ekonomi saat ini belum terlalu baik. 


Di samping itu, Rektor juga berharap, para duafa yang hadir turut serta mendoakan UMRI di tengah-tengah masyarakat. Termasuk mendoakan UMRI agar menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi ke depannya. Saidul yakin, doa-doa yang baik dari kaum duafa akan didengar oleh Allah.


Menurut Rektor, selain penyerahan bantuan, UMRI juga memiliki sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk menghidupkan bulan ramadhan 1444H ini. Seperti, sejumlah perlombaan, baitul arqom untuk mahasiswa yang purna studi, baitul arqom untuk karyawan dan pimpinan serta kegiatan lainnya. (*)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Hendra Moderator, penulis