1.382 Mahasiswa UMRI Dilepas KKN, Begini Pesan Rektor

Tagline KKN tahun ini adalah “HEBAT” yang merupakan akronim dari Humanis, Empati, Bersinergi, Aman dan Taqwa. 

Aug 27, 2022 - 20:34
 0
1.382 Mahasiswa UMRI Dilepas KKN, Begini Pesan Rektor
Rektor UMRI, DR H. Saidul Amin MA melepas mahasiswa peserta KKN 2022, Sabtu (27/8/2022)

RIAUCERDAS.COM - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Dr H Saidul Amin MA melepas mahasiswa untuk menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Jumlah peserta KKN Angkatan XII Tahun 2022 mencapai 1.382 mahasiswa. 


Pelepasan mahasiswa KKN itu ditandai dengan penerbangan balon ke udara oleh Rektor di halaman kampus utama Umri JalanTuanku Tambusai Ujung Pekanbaru, Sabtu (27/8/2022). Kepada mahasiswa, Rektor meminta KKN tahun ini dilaksanakan sesuai taglinenya. 


Dijelaskan dia, tagline KKN tahun ini adalah “HEBAT” yang merupakan akronim dari Humanis, Empati, Bersinergi, Aman dan Taqwa. 


Humanis, tambahnya Rektor, berarti mahasiswa harus memanusiakan manusia. Saling menghormati, menghargai dan mengenal lebih dekat tentang nilai-nilai kultural masyarakat di lokasi KKN. 


Selanjutnya, mahasiswa juga diminta empati dan simpati dengan masyarakat agar masyarakat juga perhatian dengan mahasiswa Umri. Lalu bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat, mulai dari aparatur desa dan kelurahan, tokoh adat, tokoh agama, cendikiawan dan cerdik pandai. 


Selanjutnya ciptakan suasana yang aman agar masyarakat merasa bahagia dengan kehadiran mahasiswa KKN UMRI. Terakhir, mahasiswa harus bertakwa kepada Allah SWT sehingga mampu menjadi pelopor penerapan nilai-nilai keislaman di tengah-tengah masyarakat,” jelas Rektor. 


Dijelaskan Rektor, tahun 2023 UMRI merencanakan pelaksanaan KKN Internasionai. Langkah ini merupakan sebagai upaya menginternasionalisasikan persyarikatan Muhammadiyah ke tenga-tengah masyarakat dunia dan juga menginternasionalisasikan UMRI. 


“Insya Allah, terdapat tiga negara yang siap bekerjasama dengan UMRI terkait pelaksanaan KKN Internasional yaitu Malaysia, Thailand dan Singapura. Untuk pelaksanaan teknisnya nanti akan dirancang oleh LPPM,” ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMRI, Dr. Aidil Haris, S.Sos., M.Si mengingatkan kepada mahasiswa KKN untuk serius melaksanakan program kerja KKN sebagaimana sudah dirancang melalui proposal perencanaan kegiatan. 


“Abdikan diri para mahasiswa dengan tulus dan ikhlas di tengah-tengah masyarakat dengan mengimplementasikan program kerja yang sudah dirancang. Hal ini bertujuan agar masyarakat selalu mengenang kebaikan yang kita tebarkan selama pelaksanaan KKN. Selalu berkoordinasi dengan perangkat desa dan kelurahan, serta bangun hubungan baik dengan masyarakat serta para tokoh-tokoh masyarakat,” tuturnya. 


Dia juga berharap agar mahasiswa selalu mempromosikan UMRI melalui sikap dan perilaku yang baik, sehingga masyarakat akan selalu mengenal UMRI. 


“Harapan kami, dalam pelaksanaan KKN ini mahasiswa selalu menjaga nama baik UMRI yang tercermin dari sikap dan perilakunya di tengah-tengah masyarakat,” kata Aidil.


Sementara, Hichmaed Hinggo, S, SE., MBA selaku Ketua Panitia mengatakan pelaksanaan KKN XII Tahun 2022 UMRI tersebar di 5 wilayah yaitu, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Siak, Pelalawan dan Kuantan Singingi. Wilayah terbanyak untuk kelompok KKN tahun ini di wilayah Kabupaten Kampar. (rls)

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Hendra Moderator, penulis